fakta dan sejarah hari valentine dari masa ke masa

Orang tahunya soal valentine tuh berupa hari kasih sayang, dengan pacar kemudian beromantis-romantis ria lah dengan pasangan masing-masing, saling memberikan kado cokelat, kue berbentuk love dan semacamnya. Namun euphobia ini tentunya musti ada dasarnya dong kenapa tanggal 14 dirayakan sebagai hari valentine.

Nah disini kita akan menelusuri makna dan sejarah yang terkandung di dalam perayaan hari kasih sayang ini

1. Hari Valentine tuh muncul di Jaman Romawi Kuno, tapi waktu itu tanggal 14 tuh hari libur

Hal pertama yang ditelusuri oleh para sejarawan yang menelusuri mengenai asal usul hari valentine ini mengenai apakah benar orang dulu turut memperingati hari valentine seperti yang sekarang-sekarang. Ternyata pada masa itu, orang memperingati tanggal 14 februari itu untuk menghormati Juno yang merupakan Dewi kuno Romawi, menurut mereka Juno itu merupakan Dewi Perkawinan

2. Festival yang katanya kasih sayang itu bernama Lupercalia, dan itu ada pada besoknya, 15 Februari

Hal lain yang cukup menarik bahwa dulu itu festival yang mirip kasih sayang itu ada pada tanggal 15 februari. Festival itu dinamakan Fesival Lupercalia, namun jangan berpikir sama kaya yang sekarang ya, karena dulu itu yang berkuasa atas wanita itu laki-laki, dimana wanita akan dimasukan ke dalam suatu tempat dan mereka akan dipilih acak oleh para lelaki. Bagi yang namanya terpilih sama laki itu, maka itu akan menjadi jodohnya.  Festival ini sebenarnya merupakan acara penyucian kota dari segala macam roh jahat dan untuk kesuburan, bahkan dikatakan bahwa festival ini juga sudah lebih tua dibanding kekaisaran romawi itu sendiri

3. Cerita lain soal Santo valentine

Mungkin sudah banyak orang yang tahu juga sejarahnya bahwa dulu ada santo yang bernama valentine yang menikahkan pasangan muda secara diam-diam dan ketauan dan kemudian mati dipenggal. Hal lain juga ada valentine-valentine lain yang juga mengalami nasib serupa, dan semuanya dieksekusi di tanggal 14 februari, syeremm..

4. Perubahan pandangan mengenai esensi dari hari kasih sayang

Mengenai kejadian-kejadian yang ada pada jaman dahulu, beda banget memang dengan sekarang. Sudah pasti yang namanya perkembangan jaman pasti disitu ada perubahannya, yah termasuk juga dengan kisah asli valentine itu dengan festival valentine yang sekarang-sekarang. Beda jauh kann..tapi ya esensinya emang mengenai cinta dan pengorbanan, jadi bisa dibilang bahwa meskipun mereka mati tapi membawa nama cinta, jadi kira-kira itu deh esensi yang didapat soal sejarah hari valentine, jadi bukan tentang ritual-ritual kaya yang dulu dulu melainkan saling memberikan kado atau hadiah

5. Tradisi valentine yang berbeda di tiap negara

Mungkin bagi orang umum hari valentine itu berupa hari kasih sayang dengan memberikan cokelat dan bunga kepada yang mereka sukai, namun di beberapa negara ada juga loh yang beda. Seperti misalnya di Filipina ada pernikahan masalnya, di Ghana ada festival cokelat di sana, di Estonia ada hari persahabatan, kemudian di Inggris ada tradisi bagi cewek meletakkan empat daun di bantalnya, kali-kali ntar dia bisa melihat jodohnya pas dimimpi, dan lain-lain. Jadi ada beda-beda tema kan diberbagai negara mengenai perayaan tanggal 14 Februari itu, jadi itu lah valentine

Minimal kita tahu yah mengenai asal dan usul soal hari valentine ini, sehingga kita tidak hanya terbawa euphobia yang emang kita gak tau, selamat berhari valentine!

feature image : makijar.com

Thanks to

idntimes.com

 

wicak

Seorang penulis lepas yang sedang menimba ilmu di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Leave a Reply

%d bloggers like this: